Dinkes Genjot Vaksinasi Anak 6-11 Tahun

Dinkes Genjot Vaksinasi Anak 6-11 Tahun

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Cirebon melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) terus menggenjot vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun. Pelaksanaan vaksinasi dilakukan secara serentak di seluruh Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Cirebon.

Pelaksanaan vaksinasi tersebut tak luput dari pantauan langsung Kepala Dinkes Kabupaten Cirebon, dr Hj Neneng Hasanah MM. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan vaksinasi anak usia 6-11 tahun berjalan sesuai rencana.

Dari hasil monitoring yang dilakukan pihaknya, vaksinasi anak usia 6-11 tahun berjalan sesuai harapan. Pelaksanaannya sendiri terbilang sangat cepat karena tidak harus ada upaya pengerahan sasaran.

Para petugas vaksinasi cukup datang di sekolah-sekolah dan langsung melakukan vaksinasi terhadap anak-anak yang sudah ada di tempat.

Menurut Neneng, setelah di-launching pada tanggal 25 Desember 2021, vaksinasi anak sudah kembali berjalan sejak Jumat (8/1) kemarin. Setiap harinya, Dinkes bekerjasama dengan TNI dan Polri masif melakukan vaksinasi di setiap sekolah dasar di Kabupaten Cirebon.

“Vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini dilakukan serentak. Kita sudah memulainya sejak Jumat minggu kemarin,” papar Neneng, usai monitoring vaksinasi anak di sejumlah titik, Selasa (11/1).

Dikatakan Neneng, Dinkes Kabupaten Cirebon menargetkan sasaran vaksinasi sebanyak 207.854 anak, selesai pada 17 Januari 2022. Saat ini, kata Neneng, dari jumlah sasaran tersebut, sebanyak 71 ribu sasaran sudah berhasil divaksin Covid-19.

Dijelaskannya, vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Kabupaten Cirebon sudah bisa dilakukan karena target capaian vaksinasi umum sudah lebih dari 70 persen dan lansia lebih dari 60 persen.

Hal itu, seperti tertuang dalam peraturan Kementerian Kesehatan RI tentang syarat vaksinasi anak usia 6-11 tahun.

Bahkan, kata Neneng, saat ini capaian vaksinasi umum di Kabupaten Cirebon sudah mencapai 74 persen. Sedangkan vaksinasi lansianya, terus merangkak naik hingga mencapai 94 persen.

“Untuk capaian vakisnasi dosis pertama itu kita sudah 74 persen, dosis kedua 46 persen. Lansia dosis pertama sudah 94 persen dan dosis kedua  47 persen,” beber Neneng.

Dia berharap, vaksinasi anak usia 6-11 tahun dapat tercapai sesuai dengan target yang telah ditentukan. Dengan tercapainya target tersebut, ia juga berharap agar pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) hingga 100 persen dapat segera dilaksanakan. (dri/adv)

BACA JUGA:

·  Pasang Foto Alat Kelamin di Status WA, Kuwu di Gantar Indramayu Klarifikasi: Konsumsi Pribadi, Tidak Sengaja

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: